12 Cara Meningkatkan Kecepatan Kerja Android - Grekfrites Center

Breaking

Rabu, 06 Juni 2018

12 Cara Meningkatkan Kecepatan Kerja Android

Pernahkah anda merasa bahwa ponsel smartphone Android anda lemot? Atau pernahkah anda merasa bahwa kemampuan Android anda menurun? Atau pernahkah merasa ponsel smartphone Android anda sering kali mengalami ‘freeze’ padahal smartphone android anda merupakan versi terbaru dengan ram yang tinggi? Tapi ternyata walaupun kita mempunyai smartphone Android dengan RAM yang tinggi Android kita masih berpotensi mengalami masalah kelambatan. Berikut ini adalah cara-cara untuk meningkatkan kemampuan kecepatan Android.

1. Mengupdate Software

Apabila kita bukanlah seorang yang tech-savy (penggemar teknologi) dan mempunyai ponsel android, pastilah ada sistem untuk mengupdate software untuk ponsel anda. Apabila anda menggunakan OS Android di bawah versi Jelly Bean, maka sebaiknya anda segera melakukan update ke OS Android Jelly Bean (apabila compatible). Dengan update ke OS Jelly Bean ini akan memperbaiki bugs dan meningkatkan daya tahan baterai.

2. Download aplikasi Clean Master

Manfaat dari aplikasi ini akan men-delete file yang tidak bermanfaat dan hanya memenuhi kemampuan storage anda, diluar itu Clean Master juga menutup hal yang tidak penting seperti jalan (path). Hal ini membuat RAM yang dipakai jadi menyusut sehingga kemampuan android menjadi lebih kencang.

3. Meng-uninstall Aplikasi yang Tidak Utama

Kebiasaan setiap pengguna smartphone adalah aplikasi yang tidak pernah dipakai atau jarang digunakan hanya dibiarkan begitu saja tanpa di-uninstall. Padahal selain mengkonsumsi RAM storage yang dimiliki juga semakin penuh serta memperlambat kemampuan android. Oleh karena itu usahakan untuk langsung meng-uninstall saja jika aplikasi itu jarang dipakai.

4. Melakukan Factory Reset

Jika anda sering meng-install dan uninstall, maka anda harus memperhatikan aplikasi-aplikasi yang anda install. Banyak aplikasi-aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan, tetapi mereka tetap berjalan di background, sehingga ini menyebabkan baterai tersedot dan memakai bagian RAM. Melakukan Factory Reset akan menghapus semua data pada ponsel android anda, sehingga mungkin ini bisa dibilang sebagai cara yang agak riskan.

5. Menggunakan SD Card dengan Kecepatan Tinggi

SD Card tidak hanya berguna sebagai tempat untuk menaruh file dalam smartphone. Smartphone dengan internal memory rendah bisa ditingkatkan kecepatannya dengan High Capacity SD Card. SD Card ini akan memberikan kecepatan pada sistem data anda. Anda bisa beli 2 GB sehingga 32 GB SD Card yang menduking High Speed Read/Write Operation. Oleh karena itu untuk android anda gunakan SD Card dengan class 6 atau 10.

6. Mendownload Aplikasi Greenify

Jika ponsel android anda merupakan ponsel yang cukup lama, maka Greenify merupakan aplikasi yang wajib anda coba. Greenify membantu mempercepat kinerja ponsel dengan mematikan aplikasi yang tidak berjalan di background, yang mana akan membantu menghemat resources dan meningkatkan daya tahan baterai.

7. Jangan Menggunakan Terlampau Banyak Widget

Aplikasi dan widget tidak sama. Widget akan selalu menyala di handphone anda seperti program ramalan cuaca (weather), flipboard, jam analog, sosial media, serta widget lain. Lebih baik menggunakan widget yang memang dibutuhkan karena terlalu banyak widget akan mempengaruhi sistem kerja android jadi lebih lambat.

8. Meng-overclock Android

Overclock tidak hanya berlaku untuk PC kita saja, tetapi smartphone bisa diperlakukan sama. Meng-overclock Android bisa dilakukan dengan cara yang sederhana untuk mempercepat kinerja Android anda.

9. Meng-install SD Booster

Fungsi dari meng-install SD Booster ini adalah untuk menaikkan kecepatan SD Card dalam membaca/menulis data. Sama halnya dengan meng-overclock tetapi ini bukanlah processor melainkan SD Card.

10. Atur Pemakaian Sinkronisasi

Sinkronisasi ini sebenarnya merupakan fitur yang baik karena berguna untuk mensikronisasi data dengan server. Dengan sinkronisasi, anda bisa memperoleh notifikasi saat ada e-mail masuk atau memperoleh notifikasi untuk trendy topics dan hal-hal lain. Namun sinkronisasi ini sangat mengkonsumsi baterai dan RAM. Hal ini bisa diatur pada setting, berapa kali melakukan sinkronisasi, misalnya 10 menit sekali, 2 jam sekali, atau bisa juga dimatikan. Pilihlah pilihan yang menurut anda tidak mengurangi performa smartphone anda.

11. Meng-install Aplikasi Defrag Pro

Aplikasi ini melakukan defragmentasi yang bisa meningkatkan kinerja android.

12. Mendownload Root & ROM Custom

Ini adalah langkah terakhir yang bisa dicoba jika semua langkah di atas tidak bisa meningkatkan kecepatan kerja android anda. Rooting sebenarnya adalah suatu proses yang ribet, namun peningkatan kecepatan ponsel android akan sangat terasa. Namun dalam proses rooting anda harus berhati-hati karena dapat mempengaruhi sistem android anda sendiri.

Nah, sudah tahu kan, cara-cara untuk meningkatkan kecepatan android? Memang android ini adalah sistem yang bisa multi-tasking, tetapi itu tidak berarti RAM yang disediakan juga cukup besar untuk menampung semua aplikasi yang anda download. Maka terkadang kita pun dalam menggunakan android harus bisa memilih, aplikasi-aplikasi mana yang memang anda butuhkan dan yang tidak terlalu dibutuhkan. Tentu saja, untuk para pengguna android lain yang belum merasa androidnya sudah melambat cara kerjanya, beberapa tips di atas masih bisa dilakukan kok, untuk mengoptimalkan kinerja android anda. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar